Dehumanisasi Penjualan Organ Tubuh Manusia Berdasarkan Hukum Positif

Saptaning Ruju Paminto

Abstract


Tindak pidana teknologi informasi merupakan bentuk kejahatan yang relatif baru apabila dibandingkan dengan bentuk-bentuk kejahatan lain yang sifatnya konvensional. Perkembangan teknologi informasi yang demikian pesatnya haruslah diantisipasi dengan hukum yang mengaturnya. Berdasarkan data dari organisasi dunia yang menangani masalah anak, United Nations Emergency Children’s Fund, angka global anak yang diperdagangkan tiap tahunnya ada sekitar 1,2 juta dan sekitar 2 juta anak di seluruh dunia dieksploitasi secara seksual tiap tahunnya. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut untuk melakukan penelitian terhadap Kebijakan Penanggulangan Tindak Pidana Teknologi Informasi Melalui Hukum Pidana, maka dalam penulisan artikel ini dibatasi permasalahanya yaitu: Bagaimana kebijakan formulasi terhadap tindak pidana teknologi informasi penjualan online organ tubuh saatini. Kebijakan kriminalisasi di dalam UUITE tidak hanya mengatur terhadap perbuatan yang terkait dengan dunia maya tetapi juga mengkriminalisasi delik-delik tertentu di bidang cybercrime.


Keywords


Penanggulangan; Penjualan Organ Tubuh; Tindak Pidana.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Buku.

Abdul Wahid & Mohammad Labib, Kejahatan Mayantara (Cybercrime), Refika Aditama, Bandung, 2005.

Aziz Syamsuddin, Tindak Pidana Khusus, Sinar Grafika, Jakarta, 2014.

Barda Nawawi Arief, Masalah Penegakan Hukum & Kebijakan Penanggulangan Kejahatan, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2001.

Barder Johan Nasution, Hukum Kesehatan Dan Pertanggungjawaban Dokter, Rineka Cipta, Jakarta, 2005.

Joni Muhammad & Z.Tanams Zulchaina, Aspek Hukum Perlindungan Anak Dalam Perspektif Konvensi Hak Anak. PT Citra Adilya Bakti, Bandung, 1999.

Leden Marpaung, Asas-Teori-Praktik Hukum Pidana, Sinar Grafika, Jakarta, Tanpa Tahun.

Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji, Penelitian Hukum Normatif; Suatu Tinjauan Singkat, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Trini Handayani, Fungsionalisasi Hukum Pidana Terhadap Perbuatan Perdagangan Organ Tubuh Manusia, Khususnya Ginjal Untuk Kepentingan Transplantasi, CV.Mandar Maju, Bandung, 2012.

Yesmil Anwar & Adang, Kriminologi, Refika Aditama, Bandung, 2010.

B. Peraturan Perundang-Undangan.

Undang-Undang Dasar 1945 Amandemen ke empat.

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Undang-Undang Nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Perdagangan Orang.

Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 518/MNEKES/PER/VI/2008 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta PT ASKES (PERSERO) dan Anggota Keluarganya di Balai Kesehatan Masyarakat dan Rumah Sakit Pemerintah

C. Jurnal, Artikel, dan Internet.

Anita Kamilah, and M. Rendy Aridhayandi. "Kajian Terhadap Penyelesaian Sengketa Pembagian Harta Warisan Atas Tanah Akibat Tidak Dilaksanakannya Wasiat Oleh Ahli Waris Dihubungkan Dengan Buku II Kita Undang-Undang Hukum Perdata Tentang Benda (Van Zaken)." Jurnal Wawasan Yuridika 32, no. 1 (2016).

Bunga Agustina, "Kewenangan Pemerintah Dalam Perlindungan Hukum Pelayanan Kesehatan Tradisional Ditinjau Dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan." Jurnal Wawasan Yuridika 32, no. 1 (2016).

Hassanah, Hetty. "Analisis Hukum Tentang Perbuatan Melawan Hukum Dalam Transaksi Bisnis Secara Online (E-Commerce) Berdasarkan Burgerlijke Wetboek Dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik." Jurnal Wawasan Yuridika 32, no. 1 (2016).

Mia Amalia, "Analisis Terhadap Tindak Pidana Prostitusi Dihubungkan Dengan Etika Moral Serta Upaya Penanggulangan Di Kawasan Cisarua Kampung Arab." Jurnal Hukum Mimbar Justitia 2, no. 2 (2016).

Rizka Diputra, Kasus Penjualan Organ Tubuh yang Pernah Bikin Heboh, dilihat pada https://news.okezone.com/read/2016/02/05/338/1305727/kasus-penjualan-organ-tubuh-yang-pernah-bikin-heboh?page=2, diakses pada tanggal 05 Oktober 2017.

Ruslan Abdul Gani dan Yudi Armansyah, Penegakan Hukum Kasus Jual Beli Organ Tubuh Di Indonesia: Model Integratif Dengan Pendekatan Hukum Islam dan UU Kesehatan, Jurnal Fenomena, Volume 8, No 2, 2016.

__________, Perdagangan Organ Tubuh Manusia Dilihat Dari Perspektif UndangUndang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Dan Menurut Hukum Islam, Artikel, Jambi, IAIN Sulthan Thaha Syaifuddin, 2015.

Simon Nahak, Hukum Tindak Pidana Mayantara (Cyber Crime) Dalam Perspektif Akademik, Jurnal Prasada, Vol. 4, No. 1, Maret 2017.

Yesenia Amerelda Laki, Tindak Pidana Perdagangan Organ Tubuh Manusia Menurut Ketentuan Hukum Positif Indonesia, Lex et Societatis, Vol. III/No. 9/Okt/2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.25072/jwy.v1i2.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Wawasan Yuridika

Jurnal Wawasan Yuridika is Indexed on :

        

 >

 
Jurnal Wawasan Yuridika (ISSN Online: 2549-0753 |ISSN Print:2549-0664) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License