Editorial Policies

Focus and Scope

Tujuan Jurnal Wawasan Yuridika adalah sebagai media ilmiah di bidang ilmu hukum, bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan pemerhati untuk menerbitkan artikel hasil penelitian atau artikel konseptual (gagasan) tentang masalah dan perkembangan hukum di Indonesia. Ruang lingkup dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini meliputi:

  • Hukum Pidana;
  • Hukum Perdata;
  • Hukum Hak Asasi Manusia;
  • Hukum Internasional;
  • Hukum Ketenagakerjaan;
  • Hukum Ekonomi;
  • Hukum Konstitusi;
  • Hukum Administrasi;
  • Hukum Islam;
  • Hukum Lingkungan, dan;
  • Artikel lain yang terkait dengan isu-isu kontemporer dalam hukum.

 

Section Policies

 

Peer Review Process

Setiap artikel yang masuk ke redaksi Jurnal Wawasan Yuridika akan dilakukan proses review oleh Dewan Redaksi dan Mitra Bebestari (Reviewer) yang kompeten di bidangnya sesuai dengan focus dan scope. Proses review dilakukan secara profesional dan imparsial dengan menekankan pada proses double blind review untuk menjaga objektivitasnya. Proses review paling cepat dalam kurun waktu 2 minggu. Selama proses submit, review, revisi, resubmit, dan production, author akan diinformasikan melalui http://ejournal.sthb.ac.id/index.php/jwy/.

Reviewer bekerja secara independen dan profesional dengan menjungjung tinggi kode etika publikasi ilmiah sebagai Reviewer. Proses peer-review artikel Jurnal Wawasan Yuridika adalah sebagai berikut:

  1. Reviewer melakukan penelaahan atau scanning dan pemeriksaan terhadap naskah yang masuk untuk dilihat kesesuaian dengan keahlian bidang ilmunya. Reviewer berhak menolak jika tidak sesuai dengan keahlian dan kompetensinya, dan Section Editor dapat mengalihkan ke reviewer lain yang sesuai.

  2. Artikel yang di-review adalah artikel yang bersifat double blind review (tanpa identitas penulis dan reviewer).

  3. Reviewer melakukan review naskah berdasarkan substansi artikel dalam jangka waktu maksimal 2 minggu sejak artikel diterima. Apabila dalam jangka waktu tersebut review artikel belum selesai, reviewer harus mengkonfirmasi ke Editor in Chief atau pemimpin redaksi jurnal.

  4. Selama proses review naskah, reviewer memberikan penilaian artikel melalui form/daftar checklist review yang tersedia pada aplikasi jurnal elektronik ini. Jika merasa kesulitan, reviewer dapat melakukan penilaian naskah secara manual pada form checklist review (format Ms.Word) yang dikirim oleh Section Editor

  5. Artikel hasil review dikembalikan ke Section Editor.

  6. Reviewer memberikan keputusan artikel hasil review, antara lain:

    1. Accept Subbmission(naskah diterima)

    2. Revisions Required(naskah perlu direvisi oleh penulis dan dikembalikan lagi ke Reviewer)

    3. Resubmit for Review(naskah sebaiknya direview oleh Reviewer lain)

    4. Resubmit Elsewhere(naskah sebaiknya dikirim ke penerbit jurnal lain)

    5. Decline Submission(artikel ditolak)

    6. See Comments (lihat komentar, menolak secara halus)

Untuk memeriksa plagiarisme, Dewan Editor Jurnal Wawasan Yuridika akan melakukannya secara manual (offline dan online database) pada teks judul, abstrak, isi naskah dengan menggunakan beberapa perangkat lunak pendeteksi plagiarisme, seperti grammarly premium dan plagiarism checker. Jika ditemukan indikasi plagiarisme, redaksi akan segera menolak artikel tersebut.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

Pernyataan kode etik ilmiah merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bebestari, dan penulis (author). Kode Etik Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu:

  1. Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi;

  2. Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan

  3. Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.

 

Panduan ini diterjemahkan dan diadopsi dengan beberapa pembaharuan berdasarkan kebijakan etika publikasi dari Elsevier.

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit Jurnal Wawasan Yuridika bertanggungjawab menerbitkan artikel yang telah melalui proses editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan Jurnal Ilmiah.

  2. Penerbit Jurnal Wawasan Yuridika bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para Editor dan Mitra Bebestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

  3. Penerbit Jurnal Wawasan Yuridika bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor Jurnal Wawasan Yuridika bertanggungjawab dalam memutuskan naskah  yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.

  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, tim editor Jurnal Wawasan Yuridika berasaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan untuk memublikasikan naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.

  3. Editor dan tim editorial Jurnal Wawasan Yuridika tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah  yang masuk kecuali atas izin penulisnya.

  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh penelitian editor  Jurnal Wawasan Yuridika untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

  5. Editor harus mengambil langkah responsif apabila terdapat keluhan terkait etika pada naskah yang telah diterima ataupun pada artikel yang telah dipublikasikan. Editor dapat menghubungi penulis artikel serta memberikan pertimbangan atas keluhan tersebut. Editor dapat juga melakukan komunikasi lebih lanjut kepada institusi atau lembaga riset terkait. Ketika keluhan telah teratasi, hal-hal seperti publikasi atas koreksi, penarikan, pernyataan keprihatinan, ataupun catatan lainnya, perlu dipertimbangkan untuk dilakukan.

Tanggungjawab Mitra Bebestari

Mitra Bebestari Jurnal Wawasan Yuridika membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/naskah  yang masuk

  1. Mitra Bebestari Jurnal Wawasan Yuridika bertanggungjawab terhadap rekomendasi naskah yang ditelaahnya.
  2. Mitra Bebestari melakukan telaah  artikel secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas. Kritik yang bersifat pribadi atas penulis adalah  tidak tepat.

  3. Mitra Bebestari Jurnal Wawasan Yuridika bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas naskah  yang ditelaahnya. Mitra Bebestari harus memberitahukan kepada editor atas kesamaan yang substansial atau overlap antara artikel yang sedang di-review dengan tulisan lainnya yang telah dipublikasikan, sesuai dengan pengetahuan Mitra Bebestari.

  4. Mitra Bebestari Jurnal Wawasan Yuridika harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

  5. Apabila Mitra Bebestari yang ditugaskan merasa tidak memiliki kualifikasi untuk melakukan review atas suatu artikel atau mengetahui bahwa tidak mungkin untuk melakukan review dengan tepat waktu, reviewer yang ditugaskan harus segera memberitahukannya pada editor. 

Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel  hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.

  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah  yang telah ditulis.

  3. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip

  4. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.

  5. Penulis tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan.

  6. Penulis tidak boleh memublikasikan artikel yang sama pada lebih dari satu jurnal. Mengajukan naskah yang sama pada lebih dari satu jurnal merupakan perilaku tidak etis dalam publikasi karya ilmiah dan tidak dapat diterima.

  7. Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam karyanya yang telah dipublikasikan, penulis bertanggung jawab untuk segera memberitahukan hal tersebut kepada editor jurnal, serta berkerjasama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki tulisan tersebut. Jika editor memperoleh informasi dari pihak ketiga bahwa suatu karya publikasi mengandung kesalahaan yang signifikan, penulis bertangggung jawab untuk segera menarik kembali atau melakukan koreksi atas tulisan tersebut atau memberikan bukti kepada editor terkait ketepatan tulisan aslinya.

Alamat Redaksi:

Jurnal Wawasan Yuridika, Kampus Sekolah Tinggi Hukum Bandung Jalan Cihampelas No. 8 Bandung 40116

Telp. 022-4203236, 4265520, Fax 022-4203236,

E-mail:jurnal@sthb.ac.id

website:http://ejournal.sthb.ac.id/index.php/jwy 

 

Review Guidelines